Pages

Penting! Inilah Alasan Kenapa Zakat dan Pajak Memiliki Kaitan Erat

Sabtu, 22 Juli 2017

Barangkali Anda tidak asing lagi mendengar kata zakat dan pajak, bahkan mungkin Anda juga paham betul mengenai kedua hal itu. Tapi pertanyaannya, apakah Anda juga tahu bahwa sebenarnya pengertian zakat dan pajak memiliki kaitan erat? Bagi Anda yang belum tahu dan penasaran mengenai kaitan antara zakat dan pajak, simak penjelasan berikut ini.
foto:baznas.go.id

·         Zakat dan Pajak Itu Sama-Sama Bagian dari Kewajiban
Kita tahu bahwa zakat adalah suatu bentuk kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat muslim, yaitu dengan cara mengeluarkan sebagian harta untuk diberikan kepada mereka yang berhak. Bagaimana jika tidak membayar zakat? Maka hukumannya yaitu denda yang berbentuk “dosa”.
Lalu, bagaimana dengan pajak? Pajak secara sederhana berarti iuran atau pembayaran yang wajib dilakukan oleh warga negara untuk kepentingan negaranya. Bagaimana jika tidak membayar pajak? Maka akan dikenakan denda, yang berupa sejumlah dana tambahan atau sesuai dengan peraturan yang ditetapkan.
Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa zakat dan pajak sama-sama wajib dibayarkan. Selanjutnya, jika pembayaran zakat dan pajak tidak dilaksanakan, maka sama-sama dikenai denda, meskipun dengan bentuk yang berbeda.
·         Zakat dan Pajak Disalurkan ke Lembaga yang Sama
Persamaan lainnya yang terdapat pada pengertian zakat dan pajak adalah setoran yang disalurkan ke lembaga yang sama, yaitu lembaga pemerintah. Ya, Zakat disalurkan ke lembaga Badan Amil Zakat (BAZ), sedangkan pajak disalurkan ke pihak pajak. Ini juga mengindikasikan bahwa zakat dan pajak sama-sama dikelola oleh pemerintah.
·         Keduanya Memiliki Tujuan yang Sama
Persamaan lainnya yang terdapat pada pengertian zakat dan pajak yaitu memiliki tujuan yang sama. Ya, tujuannya adalah untuk kemasyarakatan, ekonomi, dan politik, disamping tujuan keuangan. Ini juga mengindikasikan bahwa zakat dan pajak disalurkan untuk kepentingan orang banyak (kemashlahatan umat).
·         Sama-Sama Tidak Memiliki Imbalan
Ya, benar sekali bahwa ketika kita membayar zakat atau pajak, maka kita tidak akan mendapatkan imbalan apapun atas pembayaran tersebut. Hal ini karena zakat dan pajak adalah suatu kewajiban, yang memang harus dilaksanakan. Meskipun tidak mendapatkan imbalan, tapi sebenarnya kita akan mendapatkan sesuatu yang mungkin lebih berharga dari apa yang disebut “imbalan” itu.
Ya, ketika kita membayar zakat, maka kita akan mendapatkan pahala dari Tuhan. Begitupun juga ketika kita membayar pajak, maka kita mendapatkan fasilitas-fasilitas publik yang layak dari pemerintah.
Itulah penjelasan mengenai kaitan antara pengertian zakat dan pajak. Semoga dengan membaca dan memahami informasi ini, kita semua menjadi lebih rela untuk membayar zakat dan pajak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS