Pages

Kebiasaan Ini Bisa Gagalkan Rencana Menabung Untuk Beli Rumah

Senin, 17 Juli 2017



Ketika impianmu untuk membeli rumah masih belum bisa diwujudkan, pernahkan kamu bertanya dan memikirkan alasannya ? mungkin beberapa kebiasaan ini masih belum bisa kamu disiplinkan. Meskipun tampak sepele dan hanya mengeluarkan seikit uang, namun hal ini justru membuatmu terlena. Tentu kebiasaan seperti ini akan sangat membunuh impian untuk memiliki rumah.

Bila kamu tidak ingin hal tersebut terjadi dalam hidupmu, maka hentikanlah. Mendapatkan rumah impian dengan menabung memang tidak mudah untuk dilakukan. Meskipun kamu menabung dalam waktu yang sangat lama sekalipun bila kriteria dan keinginanmu berubah – ubah rumah hanya akan menjadi impian semata. Mulai saat ini cobalah ubah targetmu, bila tidak mampu untuk membeli rumah secara tunai, jangan memaksakan diri kamu masih bisa melakukan alternative lain seperti membeli rumah KPR misalnya. Kamu hanya perlu menabung sejumlah uang untuk membayar uang muka dengan nominal besar.

Membiasakan diri untuk menyisihkan uang memang cukup sulit, terlebih jika kamu termasuk orang yang cukup boros, namun jika menabung menjadi kebiasaanmu maka uang muka akan segera terkumpul, dan rumah yang kamu butuhkan dapat segera kamu miliki. Berikut beberapa kebiasaan yang harus kamu rubah mulai dari saat ini juga !!

Pakai Transportasi Umum Dari Pada Kendaraan Pribadi
Bisa dikatakan bahwa uang transport menjadi pengeluaran terbesarmu setiap bulannya. Setiap hari kamu harus pergi dan pulang kantor, bila kamu menggunakan kendaraan seperti mobil, kamu harus mengeluarkan uang untuk keperluan diperjalanan mulai dari bensin, uang bayar Tol, uang parkir dan keperluan lainnya ketika hal darurat terjadi di jalan. Bila ditotalkan jumlahnya mungkin akan cukup besar. Coba kamu bandingkan dengan saat menggunakan transportasi umum, berapa biaya yang akan kamu keluarkan. Meskipun tidak senyaman kendaraan pribadi, namun setidaknya kamu bisa menghemat uang beberapa rupiah untuk ditabungkan. Selain itu kamu akan menjadi sangat malas untuk berpergian setelah keluar kantor karena kendaraan yang tidak nyaman. Dengan begitu kamu tidak akan mengeluarkan uang banyak untuk hura – hura.

Gunakan Fasilitas Wifi Yang Ada
Bila di kantor atau area rumah sudah memiliki fasilitas internet yang memadai seperti terdapat wifi, sebaiknya jangan beli paket data dengan harg yang mahal. Kamu bisa menghemat dengan menggunakan fasilitas internet yang sudah ada. Apalagi saat ini pengeluaran untuk membeli paket data internet sudah lumayan menguras kantong kita.

Ganti Camilan Dengan Makan 3 Kali Sehari
Ini bisa menjadi salah satu kebiasaan yang cukup berat untuk dihilangkan. Meskipun begitu tidak ada salahnya bukan untuk berhenti sejenak membeli camilan mahal – mahal hanya untuk memuaskan lidah namun tidak memuaskan tubuhmu. Kamu bisa mengganti camilan ini dengan makan teratur 3 kali dalam satu hari terapkan kebiasaan ini pelan – pelan. Dengan begitu kamu tidak perlu beli camilan di pinggir jalan. Jangan lupa untuk minum 8 gelas dalam satu hari. Ini akan cukup menekan rasa laparmu.

Olahraga Hemat
Saat ini memang banyak masyarakat tengah menggandrungi aktivitas olahraga di dalam ruangan seperti studio gym atau fitness. Hal ini tentu bisa menjadi salah satu pengeluaran yang cukup besar. Kamu tentu tau bukan bila olahraga tidak selalu harus di pusat kebugaran atau di dalam ruangan dengan segala fasilitasya. Kita juga bisa melakukannya secara mandiri mulai dari jogging work out di rumah.

Ganti Hangout Di Luar Jadi Di Rumah
Aktivitas berkumpul dengan teman dan sahabat memang menjadi salah satu refreshing dan penyegaran otak yang sangat mudah untuk dilakukan. Namun tak jarang justru kebiasaan ini akan membuat pengeluaranmu tidak terkontrol. Hangout di luar rumah seperti nonton bioskop, jajan dan makan di kafe atau restoran.  Kamu bisa mensiasatinya dengan nongkrong atau berkumpul di salah satu rumah temanmu atau di rumahmu. Kamu tetap bisa nonton film di rumah, atau melakukan kegiatan bersama seperti main game, memasak bersama, dan lain sebagainya.

Belanja Sendiri Lebih Hemat
Banyak masyarakat yang menganggap bila berbelanja dengan teman kita akan bisa lebih hemat karena ada yang mengingatkan kita untuk hemat. Hal ini sebenarnya tidak berlaku untuk kondisi tertentu. Ada sebuah penelitian yang menyatakah sebaliknya, teman yang kamu ajak cenderung mempengaruhi kamu untuk membeli ini dan itu. Oleh karena itu sebaiknya kamu belanja sendirian, catat semua keperluan untuk menghindari membeli barang – barang yang tidak penting. Pastikan untuk berbelanja pada saat waktu luang, agar kamu bisa membandingkan harga dan memilih yang murah. Pusat perbelanjaan dengan sengaja mengatur barang dengan harga lebih mahal di tempat yang mudah kita jangkau sedangkan yang urah ditaruh di rak paling atas atau bawah. Jika kamu tergesa – gesa kamu akan cenderung membawa apa yang kamu lihat.

Itulah kebiasaan – kebiasaan yang harus kamu rubah. Meskipun akan sulit pada awalnya namun bila kamu melakukannya dengan tekun hal ini akan menjadi terbiasa. Semoga ulasan diatas bisa membantu kamu untuk menabung lebih banyak agar membeli rumah KPR dapat segera kamu wujudkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS